728x90 AdSpace

Latest News

Education

Sports

Business

bagaimana blog kami ?

Fanspage Bloggerku

Fashion

Travel

Followers

JB - ITC 2015

JB - ITC 2015

Movies

Slider

News

Games

Sunday, September 6, 2015

SEKOLAH RAMAH LINGKUNGAN

Dunia modern yang sangat canggih mulai mempengaruhi otak manusia agar dapat berfikir lebih maju dan kritis. Sekarang, ada istilah “Green City” atau bisa disebut kota hijau. Kota hijau bukan berarti kota yang semua cat rumah dan gedungnya harus berwarna hijau, melainkan kota yang memiliki tumbuhan hijau yang  tidak kalah banyak dengan gedungnya. Saya sebagai pelajar sangat mendukung hal itu, karena itu sangat bermanfaat dan menguntungkan untuk masa yang akan datang.

Ada istilah yang mengatakan bahwa, “bila anda ingin merubah dunia, mulailah dengan mengubah diri anda terlebih dahulu “. Ini berarti, kita harus memulai sesuatu yang baik dari hal yang kecil terlebih dahulu. Inilah awal terfikirnya “Green School” ini. Seperti yang sudah saya katakan, bahwa saya adalah pelajar dan saya berfikir untuk merubah sekolah menjadi tempat yang penuh dengan tumbuhan hijau nan sejuk, indah dan sehat. Namun, teknologi yang digunakan di sekolah itu juga tak kalah canggihnya. 
Konsep dari Sekolah Ramah Lingkungan ini sama saja dengan Green City. Bedanya, sekolah ramah lingkungan ini hanya mencakup lingkungan sekolah saja. Banyak sekolah – sekolah yang membutuhkan lahan yang luas untuk menanam dan memperbanyak tumbuhan hijau, namun seperti halnya gedung pencakar langit yang beratapkan tumbuhan hijau, sekolah ramah lingkungan ini juga akan menggunakan dan memamfaatkan lahan yang ada untuk penanaman tumbuhan hijau ini. Tidak perlu repot – repot mencari lahan yang luas dan subur untuk penanamnnya. Cukup dengan pemanfaatan yang ada dan perawatan yang baik akan membuat tumbuhan hijau tumbuh dengan subur dan baik juga.

Begitu juga dengan elektronik yang digunakan di sekolah tersebut, harus menggunakan teknologi yang ramah lingkungan. Pada setiap sekolah pasti membutuhkan listrik sebagai sumber energi lampu, komputer, dan lain – lain. Nah, alangkah baiknya bila enrgi listrik ini kita olah sendiri dari energi angin, air atau surya. Untuk sekolah SMK yang terdapat jurusan elektro misalnya, pasti bisa mengontrol listrik dengan baik. Alangkah bergunanya jika ilmu elektro itu di manfaatkan untuk membuat listrik dari energi yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi atau pencemaran.
Misalkan lagi, sampah yang sekarang adalah musuh bebuyutan Indonesia yang banyak menyebabkan masalah ini, bila kita bisa mengolahnya dengan baik dan benar akan sangat bermanfaat bagi lingkungan sekitar dan kehidupan kita. Untuk Sampah organik atau sampah kering bisa saja di daur ulang menjadi sebuah benda yang bermanfaat dan memiliki nilai jual. Untuk sampah anorganik atau sampah basah, bisa kita jadikan pupuk kompos yang berguna untuk menyuburkan tanah. Sebenarnya, pemerintah telah melakukan program ini di beberapa sekolah, namun sampai saat ini masih satu, dua sekolah yang melaksanakan program ini dengan baik. memang tidak mudah untuk mengontrol siswa yang rajin dan tidak. Namun, bila kita membuat hal yang tegas dan fleksibel maka siswa pun juga tidak akan segan - segan untuk berbuat sesuai aturan.
Fungsi dari Sekolah ramah lingkungan ini memang tidak jauh beda dengan kota hijau. Yakni meminimalisir terjadinya emisi rumah kaca dan kerusakan ozon. Namun, setidaknya sekolah – sekolah juga ingin berpartisipasi dalam penghijauan dan pelestarian lingkungan. Ini juga demi kehidupan masyarakat kedepannya. Memang sudah dipastikan biaya yang diperlukan untuk sekolah ramah lingkungan ini tidak sedikit, namun bila sekolah ramah lingkungan ini sukses, maka sekolah yang melakukan program ini akan menjadi contoh oleh sekolah lain. Oleh sebab itu, pengaruh ini akan semakin besar dan memperluas jangkauannya. Jadi, jika kita ingin merubah dunia, mari kita merubah sesuatau yang kecil disekitar kita terlebih dahulu !!! :) trimakasih..
Next
This is the most recent post.
Older Post
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: SEKOLAH RAMAH LINGKUNGAN Description: Rating: 5 Reviewed By: Unknown

Mobil Listrik Teknologi Untuk Negeri, OKE

Mobil listrik merupakan inovasi baru selain mobil bahan bakar Premium, selain itu mobil bertenaga listrik juga tidak menyebabkan polusi udara seperti halnya mobil dengan bahan bakar Premium. Mau tau bagaimana dan seperti apa mobil listrik itu ?? -- Monggo di baca :) --

Scroll to Top